MENU BAR

Senin, 03 November 2014

HAROKAH



SELAYANG PANDANG PERGERAKAN ISLAM DI INDONESIA
PENDAHULUAN
       Perintah Allah Swt bersatu dan larangan bercerai-berai.
       Partai Allah (Hizbullah,Al Jama`ah) demi menggapai kemenangan.
       Menyeru (Da`wah)          kepada Jalan Allah berarti berdiri diatas pilar Da`wah yang benar
       Memahami pergerakan (Harakah-harakah) supaya tetap Istiqamah
       Lihat Qs : 3/103, 5/55-56, 12/108
6          
PILAR DAKWAH ILALLAH
QS  6 : 153. dan bahwa (yang Kami perintahkan ini) adalah jalanKu yang lurus, maka ikutilah dia, dan janganlah kamu mengikuti jalan-jalan (yang lain)[152], karena jalan-jalan itu mencerai beraikan kamu dari jalanNya. Yang demikian itu diperintahkan Allah agar kamu bertakwa.
¢  Dijalan Allah
¢  Kepada Allah
¢  Dengan Ilmu
¢  Mengikuti Rasul Saw dan Sahabat Ra
¢  Mensucikan Allah
¢  Berlepas diri dari orang Musyrik
PENGERTIAN
ž  Sejarah menurut bahasa diambil dari kata Syajarah artinya pohon memberikan gambaran tentang pertumbuhan dan perkembangan
ž  Harakah  artinya adalah gerakan  yaitu gerakan yang timbul dari sebuah keyakinan
ž  Harakah Islam adalah gerakan yang dinisbatkan kepada Al Islam

PERKEMBANGAN GERAKAN ISLAM DI INDONESIA
ž  Muncul sebagai kepanjangan tangan gerakan yang sudah ada  sebelumnya
ž  Benar-benar baru muncul dalam pergerakan Islam
ž  Salafi
ž  Jama`ah tabligh
ž  Ikhwanul Muslimin
ž  Hizbut Tahrir
ž  Syi`ah
ž  Jil
ž  dll

GERAKAN SALAFI
ž  Salafi sebuah bentuk penisbatan kepada Al-Salaf (pendahulu ) yaitu Para sahabat nabi,Tabiin,Tabi`uttabi`in
ž  Pelopor Ide gerakan pembaruan ini oleh : Muhammad bin Abdul Wahab di Saudi Arabia
ž  Muncul dalam rangka pemberantasan Khurafat dan Bid`ah
ž  Di tahun 80-an, -seiring dengan maraknya gerakan kembali kepada Islam di berbagai
ž  kampus di Tanah air- mungkin dapat dikatakan sebagai tonggak awal kemunculan
ž  gerakan Salafiyah modern di Indonesia.

ž  Tokoh Luar Negri:
  1. Ulama-ulama Saudi Arabia secara umum
  2. Syekh Muhammad Nasiruddin Al Banni (Yordan W 2001)
  3. Syekh Rabi` Al-Madkhali (Madinah)
  4. Syekh Muqbil Al-Wadi`iy (Yaman W2002)
ž  Tokoh dalam Negri
  1. Ja`far Umar Thalib
  2. Yazid Abd Qadir Jawwaz (Bogor)
  3. Abdul Hakim Abdat (Jakarta)
  4. Muhammad Umar Asswed (Solo)
  5. Abu Nida (Yogyakarta)
Jama’ah Tabligh
ž  Jama’ah Tabligh adalah sebuah jama’ah Islamiyah yang dakwahnya berpijak kepada penyampaian (tabligh) tentang keutamaan-keutamaan ajaran Islam kepada setiap orang yang dapat dijangkau. Jama’ah ini menekankan kepada setiap pengikutnya agar meluangkan sebagian waktunya untuk menyampaikan dan menyebarkan dakwah dengan menjauhi bentuk-bentuk kepartaian dan masalah-masalah politik.

SEJARAH BERDIRINYA
ž  Jama’ah ini didirikan oleh Syaikh Muhammad Ilyas Kandahlawi (1303-1364). Ia dilahirkan di Kandahlah, sebuah desa di Saharnapur, India. Mula-mula ia menuntut ilmu di desanya, kemudian pindah ke Delhi sampai berhasil menyelesaiakan pelajarannya di sekolah Deoband. Sekolah ini merupakan sekolah terbesar untuk pengikut Imam Hanafi di anak benua India yang didirikan pada tahun 1283 H/1867 M.

TOKOH-TOKOHNYA
ž  Syaikh Muhammad Ilyas Kandahlawi, pendiri jama’ah dan merupakan amir pertamanya. Pertama kali ia belajar kepada kakak kandungnya, Syaikh Muhammad Yahya, seorang guru di Madrasah Mazhahir al-Ulum Saharnapur
ž  Syaikh Rasyid Ahmad Kankuhi (1829-1905) yang dibai’at menjadi anggota jama’ah pada tahun 1315 H oleh Syaikh Muhammad Ilyas.

PEMIKIRAN DAN DOKTRIN-DOKTRINNYA
ž  Oleh pendiri jama’ah telah ditetapkan 6 prinsip yang menjadi azas dakwahnya, yaitu :
ž  Kalimah agung.
ž  Menegakkan shalat.
ž  Ilmu dan dzikir.
ž  Memuliakan setiap Muslim.
ž  Ikhlas.
ž  Berjuang fi sabilillah
ž  Mereka memandang taqlid kepada madzab tertentu adalah wajib.

BEBERAPA CATATAN DAN MANFAAT YANG DAPAT DI AMBIL
ž  Mereka memperluas diri secara horizontal kuantitatif. Tetapi ada kelemahan dalam mencapai keunggulan kualitatif. Sebab mencapai keunggulan kualitatif memerlukan pemeliharaan dan ketekunan yang berkesinambungan.
ž  Orang-orang yang mereka dakwahi tidak diikat dalam satu struktur organisasi yang rapi. Ikatan lebih dititikberatkan kepada semacam kontak antar pribadi dengan da’i yang berlandaskan saling pengertian dan cinta kasih.
ž  Pengaruh dakwahnya lebih membekas secara jelas kepada para pengurus masjid dan atau yang aktif di masjid. Sedangkan kepada orang-orang yang sudah mempunyai pemikiran dan idiologi tertentu, hampir-hampir pengaruhnya tidak ada.

Ikhwanul Muslimin
ž  Jamaah Ikhwanul Muslimin berdiri di kota Ismailiyah, Mesir pada Maret 1928 dengan pendiri Hassan al-Banna, bersama keenam tokoh lainnya, yaitu Hafiz Abdul Hamid, Ahmad al-Khusairi, Fuad Ibrahim, Abdurrahman Hasbullah, Ismail Izz dan Zaki al-Maghribi. Ikhwanul Muslimin pada saat itu dipimpin oleh Hassan al-Banna. Pada tahun 1930,

Pemikiran
ž  Ikhwanul Muslimin merupakan sebuah organisasi Islam berlandaskan ajaran Islam. Ia merupakan salah satu jamaah dari beberapa jamaah yang ada pada umat Islam, yang memandang bahwa Islam adalah dien yang universal dan menyeluruh, bukan hanya sekedar agama yang mengurusi ibadah ritual saja.

Ikhwanul Muslimin di Indonesia
ž  Ikhwanul Muslimin masuk ke Indonesia melalui jamaah haji dan kaum pendatang Arab sekitar tahun 1930. Pada zaman kemerdekaan
ž  Partai Keadilan (kini berganti nama menjadi Partai Keadilan Sejahtera atau PKS) merupakan perpanjangan tangan dari gerakan Ikhwanul Muslimin Mesir yang mewadahi komunitas terbaik kalangan muda intelektual

Apakah syiah itu ?
ž  Syi’ah (Bahasa Arab: شيعة, Bahasa Persia: شیعه) ialah salah satu aliran atau mazhab dalam Islam. Muslim Syi'ah mengikuti Islam sesuai yang diajarkan oleh Nabi Muhammad dan Ahlul Bait-nya. Syi'ah menolak kepemimpinan dari tiga Khalifah Sunni pertama seperti juga Sunni menolak Imam dari Imam Syi'ah. Bentuk tunggal dari Syi'ah adalah Shī`ī (Bahasa Arab: شيعي.) menunjuk kepada pengikut dari Ahlul Bait dan Imam
ž  Syi'ah terpecah menjadi 22 sekte[rujukan?]. Dari 22 sekte itu, hanya tiga sekte yang masih ada sampai sekarang, yakni:
ž  Dua Belas Imam
ž  Disebut juga Imamiah atau Itsna 'Asyariah (Dua Belas Imam); dinamakan demikian sebab mereka percaya yang berhak memimpin muslimin hanya imam, dan mereka yakin ada dua belas imam. Aliran ini adalah yang terbesar di dalam Syiah.

Jaringan Islam Liberal
ž  Jaringan Islam Liberal adalah forum intelektual terbuka yang mendiskusikan dan menyebarkan liberalisme Islam di Indonesia. Forum ini bersekretariat di Teater Utan Kayu, Jalan Utan Kayu no. 68 H, Jakarta, sebidang tanah milik jurnalis dan intelektual senior Goenawan Mohammad.
ž  perkembangan forum ini juga tak lepas dari dukungan dan kontribusi beberapa intelektual di luar maupun dari dalam kalangan JIL, seperti Nurcholish Madjid, Azyumardi Azra, Komaruddin Hidayat, Ahmad Sahal, Budhy Munawar-Rachman, Hamid Basyaib, Luthfi Assyaukanie, Rizal Mallarangeng, Denny J. A., Ihsan Ali-Fauzi, A.E. Priyono, Samsurizal Panggabean, Ulil Abshar Abdalla, Saiful Mujani, and Hadimulyo.

Misi JIL adalah
ž  Pertama, mengembangkan penafsiran Islam yang liberal sesuai dengan prinsip-prinsip yang kami anut, serta menyebarkannya kepada seluas mungkin khalayak.
ž  Kedua, mengusahakan terbukanya ruang dialog yang bebas dari tekanan konservatisme. Kami yakin, terbukanya ruang dialog akan memekarkan pemikiran dan gerakan Islam yang sehat.
ž  Ketiga, mengupayakan terciptanya struktur sosial dan politik yang adil dan manusiawi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar